1. Denah berbentuk segi empat memanjang dari depan kebelakang 2. Atap berbentuk pelana atau perisai 3. Struktur atap tersusun dari kerangka kuda-kuda, untuk atap ditambah satu elemen struktur atap yaitu Jurai. 4. Pada bagian depan rumah gadang terdapat sepenggal atap miring yang disebut “Topi” atau “Dak” atau ” Markis” yang berfungsi menahan cahaya matahari atau tampias hujan pada ruang depan yang selalu terbuka. Dak ini didukung oleh sekor-sekor, baik yang terbuat dari kayu maupun besi.
II. Jenis Rumah Joglo
Ciri-cirinya:
1. Merupakan pengaruh dari arsitektur atau kebudayaan jawa 2. Struktur atapnya disusun oleh rangka kuda-kuda biasa, tidak mengenal batang-batang diagonal 3. Denah berbentuk bujur sangkar 4. Struktur atap tersusun dari kerangka
5. Sepenggal bagian depan dari ruang depan rumah Joglo secara keseluruhan menghasilkan dengan berbentuk bujur sangkar.
III. Jenis Rumah Bapang / Kebaya
Ciri-cirinya:
1. Atap berbentuk pelana tetapi berbeda dengan atap rumah Gadang, bentuk pelana rumah bapang adalah tidak penuh
IV. Jenis Rumah Panggung
Ciri-cirinya:
1. Bentuk rumah panggung didirikan oleh masyarakat betawi untuk mengatasi banjir, karena mereka mendirikan rumah diatas air atau diatas aliran sungai 2. Pada bagian rumah tersebut terdapat “Bala suji” atau tangga rumah, namun saat ini bala suji tidak lagi dirumah-rumah betawi 3. Bala suji secara kiasan berarti Kawasan penyejuk 4. Setelah melewati Bala suji akan terdapat Serambi depan atau Amben yang biasanya digunakan untuk menerima tamu 5. Amben kadang dipagar pembatas atau Langkan atau dibiarkan terbuka 6. Ruang tidurnya disebut Pangkeng, jaman dahulu pangkeng tidak diberi sekat, namun setelah mendapat pengaruh Belanda rumah-rumah betawi kemudian diberi ruang-ruang tidur 7. Dinding yang membatasi antara Pangkeng dan Amben disebut Grade. dinding ini terdiri dari dua buah jendela dan pintu.
V. Struktur Bangunan Betawi
1. Konstruksi rumah betawi diawali dengan Umpak, yaitu batu yang menahan beratnya Dinding 2. Pada bagian tengah kekuatan bertumpu pada Penglari dan pada bagian atas, aksentuasi konstruksi pada kuda-kuda 3. Secara garis besar sistem struktur banguan yang secara keseluruhan berbeda, unsur-unsur struktur maupun lihat dari tata letak fungsi-fungsi atau ruang-ruangnya, pola yang dimiliki oleh rumah tradisional betawi cenderung bersifat simetris walaupun bukan hal yang mutlak 4. Secara umum, tradisional betawi mempunyai tata ruang yang sederhana dan terdiri dari 3 kelompok yaitu Ruang depan, Tengah dan Belakang.
adalah kompleks bangunan hasil rancangan Rafael Vinoly, Arsitek kelahiran Uruguay yang memimpin Rafael Vinoly architech di New York.
Proses dimulai tahun 1989 sebagai sayembara terbuka international yang dilaksanakan pemerintah Tokyo metropolitan untuk merancang kompleks fasilitas fublik baru, diharapkan menjadi titik sentral kehidupan budaya dan komersial di ibu kota.
Lahan yang diperuntukan bagi gedung Tokyo International Forum dulunya adalah lahan gedung pemerintahan Tokyo Metropolitan seluas 140.000 meter persegi. Lahan ini memiliki posisi yang strategis untuk menjadi ikon baru kota Tokyo.
Salah satu bagian dari Tokyo International Forum yang rasanya paling menakjubkan dan juga paling mudah untuk diingat siapa saja yang berkunjung.
Grass Hall dibangun dengan Inovasi pada sistem struktur mega-truss dari balok baja lengkung yang membentang sepanjang 255 meter bangunan. Grass Hall Tokyo International Forum adalah Metafora keterbukaan yang berdiri sebagai penanda kontras terhadap kekakuan dan ketidakmungkinan dari imperial gandens.
Dengan cahaya malam hari, Jembatan menjadi figur yang mengapung atau terbang diudara. cahaya yang juga ditangkap oleh Konstruksi Truss, mentransformasikan kanopi transparan pada siang hari menjadi elemen pencahayaan yang mengagumkan dimalam hari.
Setiap datang musim hujan, diberbagai tempat di sudut-sudut lantai sering kali timbul sarang semut atau rayap, yang berbentuk seperti serbuk tanah atau serbuk kayu.
Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menggunakan abu bekas obat nyamuk bakar.
Caranya mudah
Setelah sarang semut itu kita bersihkan dengan sapu, masukkan abu bekas obat nyamuk tersebut ke dalam lubang dan sekitar sarang semut tersebut. pastikan lubangnya telah terisi penuh abu, baru kemudian debersihkan.
Setelah itu kita tutup lubang semut tersebut dengan dempul atau lilin.
Cairan Pemutih Pakaian ternyata bisa kita gunakan untuk membersihkan Marmer yang terkena noda.
Caranya
Tuangkan beberapa tetes cairan pemutih kepermukaan marmer yang terkena noda, tutup dengan tisu yang juga telah diberi cairan pemutih, rekatkan dengan menggunakan dengan Isolatip atau Lakban. tunggu beberapa saat hingga noda tersebut pindah ke Tisu. ulangi beberapa kali bila noda terlalu pekat. Marmer pun aka bersih kembali.
Tak jarang kita membaca buku sambil memakan gorengan atau cemilan lainnya. akibatnya noda minyak dapat menempel pada buku atau majalah kesayangan anda, dan suling untuk dihilangkan. jangan khawatir, ada satu cara yang mudah untuk menghilangkannya. anda cukup menyediakan garam halus dan membubuhkannya diatas kertas yang terkena noda tersebut. kemudian gosok-gosok dan jemur hingga kering.
Selamat mencoba, kembalikan buku anda seperti baru kembali.
Kayu pada dasarnya mengandung air karena kayu berasal dari pohon yang batangnya mengandung air. kandungan air ini seharusnya “dikeluarkan” karena bila tidak, kayu akan memuai dan menyusut tergantung cuaca. inilah yang menyebabkan pintu menjadi SERET ketika musim hujan dan LONGGAR ketika musim panas.
Untuk mengurangi tingkat kadar air, kayu perlu di-Oven sekitar 30%.bila sudah di Oven, kadar air kayu yang disyaratkan adalah 16% untuk kusen dan 12% untuk daun pintu atau jendela.
Untuk mengukur kadar air kita bisa menggunakan alat Wood Moisture Meter.
Caranya adalah dengan menancapkan salah satu bagian dari alat ini yang berupa paku besi kepermukaan kayu. kemudian baca parameter pada layarnya. bila angka menunjukan pada 12% maka kayu tersebut sudah kering dan memenuhi syarat untuk digunakan.
Perbedaan antara kayu yang sudah di Oven dan belum di Oven, dapat kita lihat pada saat kayu tersebut diSerut. ciri kayu yang sudah di Oven bila di Serut dengan mesin akan menghasilkan serbuk dan debu dalam jumlah yang banyak, sedangkan kayu yang belum di Oven tidak menghasilkan serbuk dan debu yang banyak.
Arsitektur bukanlah barang baru, sejak dulu menjadi bahan perbincangan, diskusi dan kekaguman bahkan ada pula yang dinista. Sampai kinipun cukup banyak pendapat dan telaah tentang arsitektur. Mulai dari metode merancang, teori, sampai pengaruh dan apresiasi arsitektur. Tak heran jika arsitektur memiliki definisi yang banyak dan beragam. Pada zaman Vitruvius arsitektur identik dengan gedung (termasuk kota/ benteng, aquaduct/instalasi air) tetapi kini kata arsitektur juga dipakai oleh disiplin ilmu lain seperti istilah “arsitektur computer”, “arsitektur internet”, “arsitektur kapal”, ”arsitektur strategi perang” bahkan ada istilah “arsitektur parsel”.
Secara gamblang istilah-istilah itu merujuk pada gagasan atau ide rancangan yang akan diwujudkan menjadi nyata. Secara spesifik arsitektur adalah keseluruhan proses mulai dari pemikiran/ ide/ gagasan, kemudian menjadi karya/ rancangan, dan diwujudkan menjadi hasil karya nyata yang dilakukan secara sadar (bukan berdasarkan naluri) dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan ruang guna mewadahi aktivitas/ kegiatannya yang diinginkan serta menemukan eksistensi dirinya. Alam ini adalah ruang nir-batas, ruang hidup manusia bersama binatang, tumbuhan dan ruang bagi benda-benda alamiah. Berarsitektur dilakukan secara sadar bukan secara naluri oleh karena itu berarsitektur hanya bisa dicetuskan setelah melalui proses belajar.
Melalui proses belajar arsitektur menjadi dinamis terus berkembang integral dengan perkembangan budaya/kegiatan manusia. Gua adalah benda alamiah, fenomena kerja alam yang kemudian diintervensi oleh manusia guna memenuhi kebutuhan akan tempat berteduh. Ketika gua dirasa sudah tidak dapat lagi memenuhi perkembangan kegiatan, manusia mulai berpikir untuk membuat shelter yang kemudian berkembang dan akhirnya tercipta rumah. Berbeda dengan burung yang secara naluri membuat “ruang” (sarang) tempat bertelur dan membesarkan anak-anaknya dari dulu hingga kini wujud “sarang”, tidak ada yang berubah baik bentuk, struktur maupun materialnya.
Seni dan Teknologi
Ketika manusia mulai membuat rumah, manusia mengintervensi alam dengan teknologi. Kemudian, karena kesadaran akan keindahan merupakan naluri alami manusia, maka ke dalam semua tradisi berarsitektur masuklah unsur seni/estetika. Ketika kekuatan alam sangat berpengaruh maka arsitektur akan didominasi oleh struktur/teknologi (contoh: Arsitektur Jepang), tetapi ketika kekuatan alam tidak terlalu berpengaruh maka arsitektur didominasi oleh unsur seni/ art (Arsitektur Eropa). Pada awal masa jayanya arsitektur, unsur art menjadi lebih dominan. Dalam perkembangan selanjutnya ketika terjadi revolusi industri dan teknologi menjadi sesuatu yang sangat di-gandrungi maka sekelompok filsuf berpandangan bahwa seharusnya arsitektur didominasi oleh teknologi. Issu inipun menjadi debat kusir (Ecole de Beaux Arts vs Ecole Polytechtique di Perancis dan Harvad vs MIT di USA).
Jadi, jika arsitektur tidak pure termasuk kelompok seni juga tidak pure termasuk kelompok teknologi, Dimanakah posisi arsitektur? Arsitektur berpijak diantara keduanya. Seni dan teknologi bagaikan dua kutub yang berseberangan dan aspek nilai guna satu titik lain di atasnya, sehingga membentuk segitiga (bentuk stabil). Seni dan teknologi harus seimbang saling mengisi, bagaikan tubuh dan roh. Arsitektur yang didominasi oleh teknologi akan terasa hambar, kaku, monoton untuk itu diperlukan seni. Arsitektur yang didominasi oleh seni akan terasa mubazir, over acting dan diragukan kekuatannya. Arsitektur yang tidak memenuhi aspek nilai guna adalah sampah (seperti garam yang tidak asin). Apakah seni dalam konteks arsitektur ? Nilai estetika seni dalam arsitektur memang sulit diukur, penilaian orang terhadap sesuatu apakah esteik atau tidak memang sangat relative. Namun dapat kita sederhanakan klasifikasi dari kategori estetika menjadi : keindahan beauty (adanya relasi formal antara harmoni dan proporsi); kesenangan pleasure (adanya relasi fungsional antara efisiensi dan kenyamanan); kesukaan delight (adanya relasi makna antara asosiasi dan selera). Unsur seni/estetika dalam arsitektur tidak sebatas ornament sebagai unsur dekoratif tetapi keseluruhan bentuk unity dari objek nyata arsitektur dan lingkungannya. Bentuk struktur bangunan atau material bangunan juga dapat bernilai estetis jika memenuhi 4 kategori diatas.
Dengan unsur teknologi, seni dan nilai guna, Apakah arsitektur dapat disebut ilmu ? Bilamanakah disebut ilmiah? Jika memlilki metode, kebenaran dan sistematis. Cara atau jalan untuk mencari kebenaran dalam ilmu disebut metode. Kebenaran adalah kesesuaian antara penge’tahu’an dan objeknya. Objek, metode dan kebenaran dapat di susun satu persatu sehingga membentuk dan mempunyai arti dalam satu keseluruhan. Pengetahuan yang dimulai dari aspek nilai guna ini pada awalnya dipandang rendah oleh para teoritisi, terutama para pemikir di Yunani. Sejarah mencatat, dalam perjalannya arsitektur telah mengembangkan diri demi pencapaian kebenaran, hingga akhirnya ilmu pengetahuan arsitektur nyaris setingkat dengan ilmu-ilmu pengetahuan lain. Pada akhir abad ke-19 arsitektur mulai dibuka sebagai satu departemen/jurusan tersendiri sehingga profesi arsitektur semakin diakui(naik kelas tidak setara lagi dengan budak). Jadi, supaya tetap eksis sebagai ilmu pengetahuan, arsitektur tidak saja harus mengandung unsur seni, teknologi (pengetahuan praktis) dan nilai guna tetapi harus terus melakukan pengembangan pengetahuan arsitektur itu sendiri. Tidak boleh mandek pada satu kebenaran pengetahuan arsitektur yang semu atau yang bukan hakekat kebenaran pengetahuan arsitektur.
Bagaimanakah strategi agar pengetahuan arsitektur dapat berkembang dalam rel hakekat kebenaran arsitektur ? Berbeda dengan disiplin ilmu murni yang cenderung deskriptif – analitis, pengetahuan arsitektur lebih cenderung prespektif – sintesis. Pengembangan pengetahuan arsitektur berhubungan dengan lembaga pengajaran/ pendidikan. Kenyataan saat ini (tanpa mencari kambing hitam) para lulusan universitas jurusan arsitektur umumnya adalah produk “practice oriented” atau menjadi “arsitek tukang”. Akibatnya “arsitek tukang” kadang tersesat pada kebenaran arsitektur yang semu. Karena tidak memiliki dasar pemahaman tentang asritektur yang kuat “arsitek tukang” cenderung mencontoh pada karya arsitektur yang telah ada, misalnya bentuk kubah pada atap dan selubung bangunan Ratu Mall Makassar maka bentuk selubung bangunan sejenis men-duplikasi bentuk tersebut (Mall Panakukang dan Mall GTC termasuk karya-karya Tugas Akhir mahasiswa S1 UNHAS masa itu) padahal belum tentu bentuk selubung bangunan tersebut sesuai dengan konteks lingkungan fisik/alam dan budaya di Makassar (chaotic). Akibatnya ada konsekwesi-konsekwensi yang harus di bayar antara lain hilangnya ciri khas arsitektur setempat (local genius), ketergantungan pada energi (untuk peng-kondisian udara dan pencahayan). Itulah celakanya jika objek arsitektur yang dijadikan contoh (dianggap suatu kebenaran) ternyata pada waktu yang panjang (long term)malah menimbulkan penurunan kualitas lingkungan dimana objek arsitektur itu berada (ternyata kebenaran yang semu ). Model pendidikan arsitektur yang “practice oriented” harus diganti dengan kegiatan “riset akademik”. Dalam kegiatan riset akademik telah tercakup filsafat ilmu yang dapat dijadikan landasan intelektual bagi kegiatan keilmuan. Dengan melakukan penimbaan pengetahuan arsitektur secara terus menerus, kita (dengan rendah hati) dapat dengan sadar mengetahui posisi keberadaan dalam konteks di bawah ini: Apakah kita…. Tahu bahwa kita tahu tentang arsitektur Tahu bahwa kita tidak tahu tentang arsitektur Tidak tahu bahwa kita tahu tentang arsitektur Tidak tahu bahwa kita tidak tahu tentang arsitektur.
Sumber
(Debbie A.J. Harimu, mahasiswa program Doktor Ilmu-Ilmu Teknik Pasca Sarjana UNHAS Makassr) – Daftar Pusaka Budihardjo, 2001.
Menuju Arsitektur Indonesia Edisi I 1983. Alumni Bandung, 2001.
Jati Diri Arsitektur Indonesia Edisi I 1989. Alumni Bandung Fletcher’s Sir Banister 1996. A History of Architecture Fist edition1896. Architectural press.London Mangunwijaya. 1988. Wastu Citra. Gramedia. Jakarta Sachari, 2001.
Seni Desain Teknologi antara Konflik dan Harmoni, Nova. Jakarta. Salura, 2001.
Berarsitektur Membuat Menggunakan Mengalami dan Memahami Arsitektur. Architecture and Communication. Bandung.
Santosa, 2000 Suistainable Environmnetal Architecture. International Seminar. ITS. Surabaya Snyder J. 1984.
Pengantar Arsitektur. Erlangga. Jakarta Sudrajad I. 1993.. Filsafat Yang Hidup Dalam Pendidikan Arsitektur. Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Pendidikan Arsitektur Keanekaragaman Pandangan Arsitektur dan Struktur Kurikulum.
ITS & School of Architecture University of Manchester. Surabaya Suryasumantri. 2005. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Ven Cornelis van de. 1987. Space in Architecture. Van Gorcum and Comp. Netherlands